TUJUH
LANGKAH MENGHAFAL DALAM METODE TABARAK
![]() |
Sumber Gambar: www.muslimahzone.com |
Langkah
Sebelum Menghafal :
1. Niat
Ikhlas mencari ridha Allah SWT; berlindung kepada-Nya, memohon pertolongan-Nya
agar anak dapat menghafal al-Qur’an yang mulia dengan sempurna. Berikan
penjelasan kepada anak tentang pentingnya hal tersebut dalam hidupnya dengan
gambaran yang bisa dipahaminya.
2. Berdoa
pada waktu-waktu mustajab; seperti hari jum’at, waktu turun hujan, waktu antara
adzan dan iqomah, waktu seperempat malam, setelah khatam al-Qur’an dan lain
sebagainya.
3. Menentukan
jadwal harian untuk menghafal bersama anak; dengan memasang alarm di handphone
yang waktunya sama setiap hari. Sebaiknya waktu tersebut tidak berdekatan
dengan kegiatan pokok lainnya, bisa juga sebelumnya. Setiap harinya dianjurkan
mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi seperti kurma, susu, madu, zaitun,
zabib dan lain sebagainya. Penting sekali bagi orang tua untuk ikut menemani
anak dalam menghafal sehingga segala kegiatan untuk sementara diberhentikan
seperti menyalakan HP, berfacebook ria, membaca Koran dan lainnya.
4. Menyiapkan
kotak hadiah yang dibungkus dengan warna menarik; dan ditulisi “hadiah
alQur’an”. Kotak ini terdiri dari hadiah yang disukai anak terbagi menjadi tiga
macam hadiah (hadiah yang paling disukai, hadiah yang disenangi, dan hadiah
biasa), lalu diletakkan di tempat yang bisa dilihat dan agak tinggi serta jauh
dari jangkauan anak-anak. Mereka tidak bisa melihat isinya sama sekali namun
mereka akan mendapatkan hak hadiah itu jika mereka berhasil menghafalkan satu
surat misalnya.
Langkah
Ketika Menghafal :
5. Setelah
menyediakan tempat yang cocok dimana anak bisa berkonsentrasi dan jauh dari
gangguan, ketika alarm tanda belajar tiba, maka pengajar (ayah atau ibu) duduk
bersama anak kemudian memulai menghafal. Pertama dengan cara menyaksikan dan
mendengarkan rekaman CD murattal seperti Syeikh al-Khushary, al-Minsyawy,
Muhammad Ayyub, al-Hudzaifi dan lainnya, dengan cara mengulang-ulangi bacaan
sebanyak paling tidak 20 kali.
6. Memulai
hafalan dari surat al-Naba’; semua sesuai dengan kemampuannya, tapi mereka
harus punya target hafalan sempurna dan bertambah setiap minggunya secara
berurutan. Kemudian anak menyimak dan berbeda sesuai kemampuan bicara dan
umumnya kadang guru menjumpai kesulitan menghubungkan antar ayat dengan
mengikuti rekaman sebagaimana disebutkan dalam langkah nomor 5. Untuk mengatasi
hal tersebut adalah dengan menyaksikan dan mendengarkan rekaman CD al-Qur’an
yang lebih cepat seperti bacaan Syeikh al-Sudais, al-Syuraim, dan al-Ghamidy
sehingga tersambung kembali antara yang terputus dengan ayat yang dipelajari
pada hari itu.
Langkah
Setelah Menghafal :
Memberikan hadiah
kepada anak setelah 3 kali untuk membangun motivasi dan diiringi penjelasan
tentang urgensi dan ganjaran menghafal al-Qur’an baik di dunia maupun di
akhirat. Dengan menyempaikan yang tidak memberatkan, membangun kecintaan dan
bukan menakut-nakuti. Kemudian pengajar berdoa agar diberi kemantapan hafalan
dan keduanya diberi kemampuan mengamalkan apa yang terkandung dalam kitabullah
berupa perintah dan menjauhi larangan Allah SWT, lalu anak-anak mengucapkan “amin”.
Pembaca dapat mengunduh link file di bawah ini:
0 komentar:
Posting Komentar